|
Selamat Datang, Register | Login
Home » Presensi Kabupaten Malang » Hanya Satu Siswa Raih Passing Grade Jatim

Hanya Satu Siswa Raih Passing Grade Jatim

Rabu, 3 April 2013 10:16:45  •  Oleh : redaksi  •    Dibaca : 1900

KEPANJEN – Kemampuan akademik siswa SMP Kabupaten Malang di bidang sains sungguh memprihatinkan. Setidaknya ini bisa dilihat dari hasil akhir (olimpiade sains nasional) OSN Kabupaten Malang yang dirilis Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur belum lama ini. Tercatat, hanya seorang siswa yang mampu meraih passing grade (peringkat kelulusan), yakni pada bidang studi IPS.

Satu-satunya peraih passing grade mapel IPS tersebuat adalah siswa SMPN 1 Singosari. Namanya Rendy Cahaya Putra Pamungkas, yang persis meraih skor minimal passing grade 75,0. Sementara itu, untuk bidang studi lainnya, matematika, fisika, dan biologi, tak satupun peserta mampu meraihnya.

Kasi Kesiswaan Dindik Kabupaten Malang Makhfud mengaku cukup terkejut dengan hasil OSN siswa SMP tahun ini. Pasalnya, pada tahun sebelumnya, siswa peraih passing grade jumlahnya jauh lebih banyak.

“Ya, tahun ini mengalami penurunan. Guru pembimbing harus bekerja lebih keras untuk mempersiapkan siswa pada ajang OSN Jatim nanti,” tegas Makhfud.

Ironisnya, tak hanya sulit meraih passing grade OSN, peserta juga kesulitan mendapatkan skor tinggi. Pada bidang studi selain Biologi dan IPS, sebagian besar peserta hanya mampu meraih skor di bawah 50. Bahkan, pada bidang studi Fisika, hanya 12 siswa dari jumlah total 77 peserta yang mampu mendapatkan skor akhir 50 ke atas.

Namun, kenyataan ini tak lantas membuat pesimis pihak Dindik. Pasalnya, kata Makhfud, berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya, hasil OSN tingkat Jatim yang diraih siswa lebih baik, meski pada tingkat Kabupaten Malang skor yang diraih lebih rendah.

Sementara itu, OSN jenjang SMA baru digelar selama Selasa-Kamis (2-4/4) pekan ini, diikuti tidak kurang dari 453 siswa SMA se Kabupaten Malang.  Pada OSN yang digelar di SMAN 1 Bululawang ini, peserta akan adu kemampuan akademik dan bersaing meraih angka kelulusan (passing grade) pada bidang studi masing-masing.

Ada sembilan bidang studi yang dilombakan dalam OSN SMA tahun ini. Yakni, matematika, fisika, biologi, kimia, astronomi, kebumian, komputer, geografi, dan ekonomi. Setiap harinya, bidang studi yang dilombakan dibagi menjadi tiga bidang studi.

Namun, lagi-lagi Dindik menyayangkan menyusutnya jumlah peserta OSN SMA tahun ini. Padahal, kata Makhfud, peserta OSN SMA tahun lalu, jumlahnya mencapai 700 siswa. Makhfud menyesalkan kurangnya minat sekolah swasta dalam mengikuti ajang olimpiade ini.

“Sekolah swasta harus didorong untuk mau bersaing menunjukkan kemampuan siswanya. Ini salah satunya perlu didukung dengan keberadaan forum guru swasta yang bisa lebih intens melakukan pembinaan siswa,” demikian Makhfud. min-KP

 

Siswa Peraih Tiket OSN Jatim

Bidang Studi    Nama Siswa                                                     Skor

Biologi              Muqsith Alfaris Ramdan (SMPN 1 Singosari)       234      

                        Natya Vira Cahyarini (SMPN 1 Turen)                  217

IPS                   Rendy Cahaya Pamungkas (SMPN 1 Singosari)  75 (PG)

                        Abdurrokhim (SMPN 4 Kepanjen)                       70

                        Arrum Sekarwati (SMPN 1 Wonosari)                  67

Fisika               M. Syarif Hidayatullah (SMPN 4 Kepanjen)          74

                        M Arif Rurqon (SMP Ar Rohmah Dau)                 68

Matematika       Alfin Adam Arifin (SMPN 1 Turen)                       58

                        Ikhsanul Akbar Rasyid (SMP Ar Rohmah Dau)     57

Baca "Presensi Kabupaten Malang" Lainnya

Komentar Anda